Breaking News

3 Keunggulan Toyota Safety Sense


Keselamatan pengendara dan penumpang adalah prioritas bagi Toyota. Hal ini diwujudkan dengan hadirnya fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada beberapa mobil merk asal Jepang ini. Meski belum terdapat di semua lini produknya, jumlah mobil yang diberikan teknologi tersebut semakin bertambah.
TSS memberikan banyak keunggulan pada mobil yang memiliki fitur tersebut. Silakan simak penjelasan berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Keunggulan Toyota Safety Sense

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari TSS yang terdapat pada sebagian mobil baru Toyota.

1. Menjaga Kendaraan Tetap di Jalur

Fitur pertama yang dimiliki oleh TSS adalah Lane Departure Alert. Salah satu fitur terbaik dari TSS ini mampu memindai garis marka pada jalan menggunakan sensor laser. Jika kendaraan keluar atau melewati marka yang seharusnya, maka akan ada peringatan.

Peringatan tersebut akan membantu pengemudi untuk tetap berada di jalur yang semestinya guna menghindari kecelakaan. Pasalnya, tidak jarang ditemukan kasus pengemudi mengantuk kemudian kendaraan keluar dari jalur. Hal ini jelas membahayakan, apalagi jika ada kendaraan lain dari lawan arah.

Jika pengemudi memang ingin berpindah jalur, maka harus menyalakan lampu sein terlebih dahulu. Jika hal ini yang terjadi, peringatan tidak akan diberikan.

2. Peringatan Dini untuk Pengemudi

Selain Lane Departure Alert, TSS dilengkapi dengan 3 sistem keamanan lainnya. Menariknya, semua sistem tersebut mampu memberikan peringatan awal atau peringatan dini untuk pengemudi. Peringatannya pun ada 2 jenis.

Pertama, peringatan akan diberikan di layar panel instrumen. Selain itu, ada juga peringatan berupa bunyi untuk menyadarkan pengemudi akan potensi bahaya. TSS bisa memperingatkan pengemudi ketika keluar jalur, ada kendaraan dari arah berlawanan, hingga orang menyeberang.

Peringatan ini dimaksudkan supaya pengemudi menjadi jauh lebih waspada saat berkendara. Dengan minimnya kelalaian, maka angka kecelakaan di jalan pun bisa ditekan.

3. Lebih Aman di Malam Hari

Saat malam hari, cahaya alami dari matahari tentu akan hilang dan digantikan dengan cahaya lampu jalanan. Namun di beberapa wilayah, lampu jalan sangat minim jumlahnya, bahkan tidak ada sama sekali.

Ketika kondisi gelap, potensi bahaya jauh lebih besar. Oleh karena itu, TSS dibekali dengan fitur Automatic High Beam. Ketika sensor laser membaca bahwa di depan mobil sangat minim cahaya, lampu high beam atau lampu jarak jauh akan diaktifkan.

Dengan begitu, pandangan pengendara terhadap jalanan di depannya menjadi lebih baik. TSS tidak hanya mampu mengubah mode lampu dekat menjadi lampu jauh saat gelap. Ketika sensor membaca bahwa ada kendaraan dari arah lawan, maka lampu akan diubah kembali ke mode low beam.

Hal ini dilakukan agar pengendara dari arah lawan tidak silau terkena pancaran cahaya lampu. Hal ini mencegah adanya kecelakaan akibat pandangan silau.

TSS benar-benar bisa diandalkan untuk berbagai kondisi. Kehadiran fitur keselamatan ini diharapkan untuk segera terdistribusi di semua lini produk Toyota.

No comments