Breaking News

Tak Perlu Menyewa Konsultan, Gunakan 5 Strategi Ini untuk Memanage Biaya Operasional Restoran Anda

.

Layaknya sebuah permainan, selalu dibutuhkan strategi untuk menang. Sebagai contoh, jika dalam permainan catur dibutuhkan taktik untuk menerobos benteng pertahanan lawan, dalam mengelola restoran dibutuhkan beberapa strategi terbaik untuk menekan biaya operasional seefisien mungkin.

Biasanya, sebuah restoran membutuhkan konsultan untuk perencanaan bisnisnya. Akan tetapi, jika Anda adalah seorang pemula dalam bisnis restoran, ada baiknya Anda menerapkan 5 strategi ini untuk memanage biaya operasional restoran Anda sebelum menyewa seorang konsultan.
Biaya Operasional Restoran 

1. Perhatikan Jumlah Karyawan dan Kualitasnya

Jika ada dua pilihan berikut ini:
A. Jumlah karyawan banyak, minus kualitas
B. Jumlah karyawan sedikit, plus kualitas
Maka sudah pasti Anda akan memilih poin yang B, bukan? Jika demikian, perhatikan juga dengan gaji yang mereka peroleh.

Untuk seorang karyawan yang berkualitas, Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak, tetapi yakinlah bahwa karyawan dengan kualitas akan memberikan hasil kinerja yang membanggakan restoran Anda.

2. Kontrol Pemakaian Telepon, Listrik, dan Air

Usahakan pisahkan antara urusan pribadi dengan restoran. Ketika Anda memerlukan telepon untuk menghubungi kerabat di kampung, gunakanlah telepon atau ponsel pribadi milik Anda, bukan milik restoran. Demikian pula dengan pemakaian listrik dan air, hanya gunakan untuk keperluan perusahaan saja.

Opsi lain yang juga dapat Anda pilih adalah dengan mengontrol pemakaian listrik dan air. Matikan listrik dan kran air disaat sudah tidak digunakan lagi.

3. Bagaimana dengan Pengaturan Tata Ruang dan Peralatan yang Digunakan

Basically, ada beberapa cara praktis untuk mengatur tata ruang dan peralatan yaitu:
·         Perhatikan warna cat dan dekorasi ruangan. Jika cat sudah hampir pudar, maka perbarui dengan warna sama atau warna lain. Untuk dekorasi ruangan, Anda bisa mendekorasi ulang untuk membuat konsep ruangan yang lebih fresh dari sebelumnya. Akan tetapi, jangan sampai mengubah tema restoran Anda.
·         Periksalah peralatan yang digunakan. Pilih peralatan dapur bahan stainless dan alumunium untuk menghindari karat.
·         Untuk peralatan yang digunakan untuk menghidangkan seperti piring, gelas, dan lain-lain, sebaiknya selalu perhatikan kebersihannya. Anda juga bisa membeli alat masak secara online di website e-commerce terpercaya untuk menghemat budget.

4. Perhatikan Pemakaian Bahan Baku

Anda dapat mengontrol pemakaian bahan baku dengan beberapa cara berikut ini:
·         Carilah distributor yang berpengalaman dari segi mutu, harga, dan sistem pengantaran
·         Saat membeli bahan baku makanan dalam jumlah banyak, sebaiknya jangan mudah percaya. Uji kualitas produknya terlebih dahulu
·         Meskipun harga juga menjadi tolak ukur, ingatlah bahwa kualitas adalah yang utama

5. Buatlah Laporan Keuangan Tiap Akhir Bulan

Apapun yang terjadi, tetaplah konsisten dalam membuat laporan keuangan restoran Anda. Jika perlu, buatlah laporan keuangan secara mendetail, per dua minggu sampai satu bulan. Apalagi sekarang sudah banyak program kasir berbasis cloud dengan harga terjangkau yang dilengkapi laporan penjualan yang lengkap dan otomatis, memudahkan Anda membuat laporan keuangan secara terperinci.

Ingat, jangan pernah sepelekan fungsi laporan keuangan restoran Anda karena dari sinilah Anda bisa mengintip bagaimana kondisi keuangan perusahaan, apakah membutuhkan suntikan dana ataukah sudah memberikan laba yang tak terduga.

Ada baiknya Anda menjadi seorang konsultan untuk restoran Anda sendiri dengan melakukan 5 strategi di atas daripada menyewa seorang konsultan. Karena dengan begitu, berarti Anda juga telah memanage biaya operasional restoran Anda. Selamat mencoba.

No comments