Breaking News

Ini Dia 10 Cara Efisiensi Sistem Panel Surya dengan Maksimal

sumber: sanspower.com

Sudah tahu kalau panel surya sendiri adalah alat sel surya yang dapat mengubah cahaya matahari jadi listrik? Sederhananya seperti batre yang diisi dayanya menggunakan matahari. Alat seperti ini tentu saja sangat ideal untuk menghemat tagihan listrik yang tinggi dan juga masalah listrik yangan lainnya. 


Ingin memiliki sistem panel surya di rumah? Maka kamu wajib tahu cara memaksimalkan efisiensi dan juga konsumsi energi dari panel surya. Ini dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja sistem panel surya supaya dapat bermanfaat lebih tinggi. Dari Beauty Harmony Life, Ini dia 10 cara pengoptimalan efisiensi pada panel surya. 


1. Menggunakan satu perangkat pada satu waktu

Anda harus menghitung kebutuhan untuk menggunakan daya dengan benar. Dapat dipertimbangkan untuk menggunakan panel yang standar, supaya mengurangi jumlah perangkat yang beroperasi di waktu yang sama. Ini dapat meningkatkan efisiensi panel surya dan membantu menyimpan energi tambahan pada baterai.


2. Memasang baterai cadangan

Berbagai macam baterai untuk panel surya tersedia di pasaran. Tapi kamu perlu memilih baterai surya yang terbaik sesuai dengan kebutuhan kamu. Kelebihan energi di panel surya? Coba mempertimbangkan untuk memilih solar system diikat jaringan. Ataupun net metering (pengukuran bersih) merupakan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhanmu.


3. Menyiapkan konsentrator surya

Konsentrator surya sendiri adalah perangkat yang membuat panel surya dapat memaksimalkan energi. Tujuan utama konsentrator adalah memaksimalkan energi matahari yang jatuh di panel surya. Konsentrator surya memastikan sinar matahari tidak hilang. Konsentrator surya bisa menghemat lebih banyak uang. 


4. Mencegah peningkatan suhu

Peningkatan suhu bisa mempengaruhi kinerja panel surya. Oleh karena itu, pastikan bahwa ada celah yang cukup di antara sistem panel surya dan juga atap. Ini dapat mencegah kelebihan panas yang berpengaruh pada panel surya.


5. Penempatan panel surya

Pertimbangkan sudut dan juga tinggi saat menempatkan panel surya supaya kinerja panel surya lebih efisien. Sudut dan juga tinggi yang sempurna dapat memberikan kontribusi yang lebih banyak dan akan menghasilkan lebih banyak energi. Evaluasi tinggi atap rumah untuk memberikan perlindungan permukaan panel surya dari berbagai perubahan iklim. Membuat naungan jadikan panel surya tidak menghasilkan energi yang cukup, sehingga panel surya sebaiknya dipasang dengan sudut yang sempurna. Panel surya saat dipasang harus di tempat-tempat yang ada sinar matahari untuk mengisi daya.


6. Menjaga panel surya tetap bersih

Panel surya perlu dibersihkan teratur supaya maksimal memaksimalkan jumlah produksinya. Penting sekali memastikan sistem panel surya bebas dari debu, kotoran, dan hal yang lain. Panel surya bagian luarnya ada bahan kaca berkualitas tinggi, kamu bisa membersihkannya dengan mudah cukup gunakan kain. Ingat bahwa sinar matahari harus jatuh langsung pada panel surya untuk menjadikannya energi.


7. Pasang dengan benar

Panel surya yang dipasang tidak benar akan menyebabkan berbagai masalah.

 

8. Membuat keputusan yang tepat

Sebelum memasang panel surya, buat keputusan yang tepat. Carikan model panel surya yang terbaru yang memberikan tingkat energi yang jauh lebih baik. Selain itu, panel surya berkontribusi lebih untuk bekerja efisien dan maksimal.


9. Pelacak surya (solar tracker)

Pelacak surya merupakan cara terbaik untuk meningkatkan daya keluara. Ini adalah perangkat yang membantu panel surya untuk menerima lebih banyak sinar matahari. Pelacak tunggal dan juga pelacak ganda ini dua jenis pelacak surya tersedia di pasaran. Keduanya ideal fungsinya untuk melacak matahari dari timur ke barat, sehingga menunjukkan cara yang mudah untuk memaksimalkan efisiensi.


10. Pengontrol pengisian daya surya

Pengontrol pengisian daya surya adalah cara untuk menghindari pengisian daya baterai berlebihan, sehingga membantumu merasakan ketenangan saat mengisi daya. Kamu bisa memilih solar charge controller terbaik sesuai dengan sistem panel surya yang kamu gunakan dari yang tersedia di pasaran.


No comments