Breaking News

AC Inverter 1 PK Terbaik

Bila Anda ingin membeli AC, salah satu hal yang perlu dipastikan adalah AC tersebut dilengkapi dengan inverter. Mengapa? Sebab alat tersebut mampu membuat listrik lebih hemat sampai 50%. Alat ini akan secepatnya mencapai suhu udara yang diinginkan dan setelah itu tercapai, inverter ini akan bekerja secara minimalis untuk mempertahankan suhu. Walhasil, sedotan listrik yang dikonsumsi Ac pun menjadi lebih minim. 

Nah, untuk AC dengan inverter lazimnya ada di AC 1 PK. Kalau Anda mencari untuk AC kapasitas 1/2 Pk mungkin relatif sulit untuk menemukannya. Tapi boleh juga dicoba dengan mencarinya di tempat jual AC

Mungkin ada yang berkeluh kesah bahwa AC dengan inverter itu harganya lebih mahal dibanding AC biasa (standart). Sebetulnya anggapan semacam ini lumrah saja. Memang kalau dilihat secara nominal angka pembelian, AC berinverter itu harganya sedikit lebih tinggi dibanding dengan AC non-inverter.

Tapi kalau kita pertimbangkan misalnya dengan penghematan yang bisa dilakukan setiap bulannya, memilih AC inverter ini rasanya lebih menguntungkan. Taruhlah sebagai contoh, untuk penghematan AC berinverter itu bisa lebih hemat Rp100.000 setiap bulannya dibandingkan dengan memakai AC tanpa inverter. 
foto: JD.id
Misalnya kemudian anggaplah AC biasa itu harganya Rp2 juta dan harga AC inverter adalah Rp3 juta. berarti ada selisih Rp1 juta saat awal pembelian.

Kalau kita kalkulasi dari penghematan yang bisa dilakukan, jelas lebih menguntungkan membeli AC inverter. Sebab kurang dari 1 tahun, selisih harga pembelian AC inverter dan AC non-inverter itu sudah dapat disamai. Dengan kata lain, untuk perhitungan jangka panjang, lebih hemat dan irit jika Anda memilih memasang AC inverter di rumah.

Toh misalnya kalau kita bandingkan lebih jauh lagi, banyak yang jual ac murah dengan menggunakan inverter. Sebagai contoh untuk AC inverter merk LG kapasitas 1 Pk itu harganya adalah Rp 3 juta untuk tipe AC T10EMV.

Sedangkan kalau untuk AC 1 PK yang non inverter misalnya untuk merek LG T09NLA itu harganya sudah Rp2,6 juta. Jadi sebetulnya selisihnya anatara sesama AC LG 1 PK yang berinverter dan tidak memakai inverter itu hanya terpaut Rp400.000 saja. Relatif kecil kan perbedaaanya?

Oleh karena itu, jika memang titik tekan Anda saat membeli AC adalah soal penghematan. Sangat disarankan memilih AC yang berinverter. Sebab untuk pemakaian jangka panjang, AC jenis ini lebih menguntungkan bagi Anda. 

Lalu apakah merek AC 1 PK yang paling bagus? Merek Daikin tetap perlu dikedepankan untuk produk AC. AC Daikin itu dikenal bandel dan bia menghadirkan suasana sejuk yang stabil dalam ruangan. Hanya saja kekurangannya AC ini memang harga jualnya lebih tinggi dibanding merek AC lainnya. 

Misalnya saja untuk AC Daikin 1 PK dengan high inverter RKV itu harganya sekitar Rp 5,6 juta. Kalau misalnya tipe tersebut dirasa terlalu mahal, Daikin punya AC inverter 1 PK plus inverter smile yang harganya lebih rendah. Bisa Anda beli dengan harga Rp 4,9 juta saja di JD.ID.

Mengenai merek lainnya, ada Sharp dan Samsung yang juga bisa dipilih. Kedua AC ini juga dikenal memiliki kualitas yang bagus. sebab brand tersbeut dikenal sebagai produsen barang elektronik yang sudah lama beroperasi. Lalu ada juga AC Panasonic inverter 1 PK yang harganya Rp 4,8 juta untuk tipe S10RKP. 

Jadi sebetulnya mengenai harga AC 1 Pk yang menggunakan inverter itu bisa didapatkan dengan dana mulai Rp3 jutaan. Antar merek selisih harganya tidak terlalu jauh antara Rp1 sampai Rp2 jutaan. Tentu juga tergantung tipe produk, sebab tiap seri AC ini memiliki keunggulan masing-masing.

No comments