Breaking News

Apa itu Bank Sampah dan Apa Manfaatnya? Ini Jawabannya

Sumber gambar: https://www.facebook.com/banksampahkalimantanselatan

Tidak dipungkiri bahwasannya saat ini sampah merupakan salah satu yang menjadi masalah bagi masyarakat pada umumnya. Mengenai sampah sendiri tentunya ada banyak jenisnya, ada sampah organic dan sampah anorganik. Kalau sampah organic pengolahannya bisa dibilang sangat mudah, pemanfaatannya pun juga sangat dibutuhkan oleh para petani. Namun kalau sampah anorganik biasanya akan membutuhkan cara ekstra, untuk mendapatkan hasil kemanfaatkan. Biasanya sampah anorganik ini dipakai ulang atau biasanya juga bisa disiasati dengan metode Bank Sampah.

Mungkin Sebagian dari kita kalau mendengar kata bank sampah, bisa jadi masih asing, Namun bank sampah ini mempunyai kontribusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

Nah apa sih itu sebenarnya Bank Sampah? Ini merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah tentunya sudah dipilah-pilah sesuai dengan jenisnya. Kemudian untuk hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah selanjutnya disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah, atau biasanya ke tempat pengepul sampah. 

Nah dalam hal ini untuk pihak penyetor sampah, dari masyarakat biasanya akan diberi buku tabungan. Selanjutnya ia akan menabung sampah di Bank Sampah tersebut. Unrtuk sampah yang ditabung tersebut pada nantinya akan dikalkulasi menjadi uang dan bisa ditarik oleh pihak penyetor sampah.

Untuk Bank Sampah sendiri tidak hanya memakai uang untuk imbal jasa atas sampah yang disetorkan. Dari sejumlah Bank sampah ada juga yang memakai sembako yaitu berupa beras, minyak goreng dsb. 

Cara Menjadi Penyetor Bank Sampah 

Daftarkan diri sebagai nasabah bank sampah
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih bank sampah yang ada didekat tempat tinggal Anda supaya tidak merepotkan. Nah sekarang ini juga serba mudah, karena bank sampah dapat Anda akses dengan melalui aplikasi website ataupun smartphone.

Pilah-pilih sampah sebelum disetorkan
Sebelum Anda melakukan setoran sampah, maka sebaiknya terlebih dahulu Anda harus memilah sampah organik dan anorganik. Dalam hal ini Bank sampah biasanya hanya menerima sampah kering atau sampah anorganik. Jangan lupa untuk mengemas sampah dengan rapi sebelum Anda bawa ke bank sampah.

Membawa buku tabungan
Pada saat Anda melakukan setoran sampah, maka Anda harus membawa buku tabungan dari pihak Bank Sampah dan bisa mencatat berapa saja jumlah sampah yang Anda setorkan. 

Selain Bank sampah tersebut bisa menguntungkan kita dari sisi perekonomian, juga memiliki banyak sekali manfaat, berikut ini beberapa manfaat sampah untuk lingkungan. 

Manfaat Bank Sampah bagi Lingkungan
  • Keberadaan Bank Sampah bisa mendorong masyarakat supaya bisa terlibat dalam mengelola sampah secara tepat yaitu dengan cara memilah serta mengolah sampah.
  • Bisa membantu perekonomian masyarakat, karena Bank Sampah memberikan peluang pekerjaan dan bisa memberikan penghasilan tambahan. 
  • Bank Sampah ini selain bisa mendorong ekonomi sirkular, juga mempunyai manfaat untuk menjaga kebersihan serta menjaga kelestarian lingkungan kita. Karena pada proses masyarakat mengumpulkan sampah plastic kemudian menyetorkan ke Bank bisa mengurangi penumpukan sampah dengan sangat efektif. 
  • Dalam hal ini sampah yang sudah dikumpula oleh Bank Sampah selanjutnya akan di daur ulang, sehingga menjadi biji plastik yang tentunya bisa diproduksi menjadi benda-benda lainnya yang lebih bermanfaat. 

Nah ternyata Bank sampah tidak hanya memberikan dampak perekonomian saja, akan tetapi dengan adanya Bank Sampah ini lingkungan juga akan ikut terjaga dengan baik. Nah saatnya kini Anda ikut Bank Sampah, karena sudah terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kita dan lingkungan disekitar kita. 

No comments