Breaking News

Hal yang Menyebabkan Penurunan Kemampuan Mendengar


Menjaga kesehatan telinga memang perlu dilakukan sejak dini, karena Anda akan memanen hasilnya saat Anda sudah tua. Anda perlu menghindarkan diri dari beberapa tindakan yang dapat menyebabkan pendengaran menurun. Ada banyak sekali tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan pendengaran tersebut dan menghindari hal yang merusak telinga.

Beberapa Hal yang Menyebabkan Penurunan Kemampuan Mendengar

Ada banyak sekali kebiasaan yang tidak disadari dan dapat merusak telinga. Anda harus segera merubah kebiasaan yang akan disebutkan demi terjaganya kesehatan telinga Anda. Beberapa tindakan yang harus dihapuskan adalah sering mendengar suara keras, tidak pernah membersihkan telinga, dan mendengarkan musik terlalu lama.

1. Sering Mendengarkan Suara yang Keras dan Bising
Anda atau lingkungan Anda memiliki kebudayaan untuk berbicara dengan suara yang keras. Kebiasaan tersebut memang akan susah untuk dirubah. Namun, Anda perlu untuk memulai berbicara dengan lemah lembut dan tetap tegas daripada harus terus-terusan bersuara keras dan lantang. Kebiasaan berbicara dan mendengarkan suara keras dapat merusak kesehatan telinga dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, Anda yang bekerja di tempat yang bising akibat ada banyak mesin produksi yang dinyalakan, maka Anda perlu menggunakan earplug untuk menyaring suara tersebut. Jenis suara tersebut sudah pasti akan Anda dengarkan setiap hari dalam waktu yang lama dan sudah pasti akan berdampak pada kesehatan telinga dalam waktu yang lama.

2. Tidak Pernah Membersihkan Telinga
Membersihkan telinga memang harus dilakukan. Anda tidak perlu untuk terlalu sering, tetapi harus rutin. Justru membersihkan kanal telinga terlalu sering juga tidak baik, karena dapat melukai rambut halus di telinga yang juga berkaitan dengan pendengaran.

Saat cairan telinga tidak pernah dibersihkan, biasanya cairan tersebut lama-kelamaan akan menyumbat bagian kanal telinga. Sudah pasti orang yang mengalami sumbatan tersebut akan mengalami gangguan pendengaran.

3. Mendengarkan Musik dengan Headphone atau Earphone Terlalu Lama
Mendengarkan musik juga tidak boleh terlalu lama, terutama bagi Anda yang suka mendengarkan melalui earphone maupun headset. Setelah mendengarkan musik selama 3 jam, sebaiknya Anda berhenti sejenak selama beberapa jam dan baru mulai menyalakan musik lagi.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki gangguan pada telinga, maka Anda sebaiknya berkunjung ke dokter. Saat dokter menyarankan Anda untuk menggunakan alat bantu pendengaran, maka Anda dapat membelinya di toko alat bantu dengar. Salah satu toko yang sudah sangat terkenal adalah Melawai.

No comments