Breaking News

Gejala Umum Asam Urat


Asam urat mungkin hal yang terdengar familiar. Banyak orang disekeliling kamu menderita asam urat, atau bahkan kamu sendiri. Apa sebenarnya itu asam urat? Lalu apa saja gejala umum asam urat? Menurut hellosehat.com penyakit asam urat adalah bentuk dari penyakit arthritis yang menyebabkan kemerahan, pembengkakan dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh. Asam urat biasanya juga dikenal dengan nama encok. Anggota tubuh yang paling sering terkena asam urat adalah jempol kaki, tetap penyakit ini juga dapat mempengaruhi sendi lain di kaki dan tangan, bahkan tulang belakang juga dapat terkena asam urat meski pun jarang. Penyakit ini terjadi pada sekitar satu dari dua ratus orang dewasa. Meski begitu asam urat juga dapat diderita oleh berbagai usia dan jenis kelamin meski pria lebih mungkin mengalaminya dari wanita.
Sumber: alodokter.com

Apa saja gejala umum asam urat? Terdapat beberapa gejala umum asam urat seperti:
1. Sendi kemerahan
2. Rasa panas pada sekitar sendi
3. Sendi menjadi bengkak dan lunak
4. Nyeri sendi parah dan mendadak yang sering terjadi di pagi hari. 

Gejala ini biasanya datang secara tiba-tiba dan sering terjadi pada tengah malam. Rentang waktu sakitnya tergantung dengan keparahan dan kasus serta gejala yang dirasakan oleh penderitanya. Dapat selama satu sampai dua jam atau bahkan sampai berbulan-bulan. 

Penyakit asam urat memiliki tahapan seperti:
1. Tahap pertama 
Kadar asam urat pada tahap ini sudah naik di dalam darah, namun belum ada gejala dari penyakit ini yang muncul. Biasanya orang yang mengalami ini akan merasakan gejalanya setelah terserang batu ginjal.
2. Tahap dua
Kadar asam urat yang terlalu tinggi membentuk kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Penderita baru akan merasakan nyeri pada sendi namun tidak berlangsung lama. Penderita baru akan mengalami gejala asam urat lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering. 
3. Tahap ketiga
Gejala asam urat tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk hanya menyerang satu sendi saja. Dalam tahap ini akan muncul gumpalan zat yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi menyebabkan nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang rawan. 

Menurut halodoc.com terdapat beberapa faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah seseorang seperti baru saja mengalami cedera atau pembedahan, memiliki keluarga yang mengidap asam urat, suka mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi seperti daging merah, teri, sarden, kerang, dan jeroan hewan. Kamu juga akan berpotensi untuk menderita asam urat hika menggunakan obat seperti diuretik, aspirin, ciclosporin dan beberapa obat kemoterapi. Selain itu jika kamu memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, ginjal, tiroid, kolesterol tinggi, leukimia dan anemia. 

Lalu apa yang menyebabkan asam urat? Ada beberapa penyebab dari asam urat seperti banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan alkohol, menggunakan obat dengan jenis tertentu seperti aspirin, sislosporin, memiliki riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarganya, serta makan makanan yang berzat purin tinggi. 

Diagnosis pada penyakit asam urat antara lain adalah dengan melakukan tes urin dua puluh empat jam. Ini dilakukan untuk memeriksa kadar asam urat dalam urine yang dikeluarkan pasien selama dua puluh empat jam terakhir. Tes darah juga dapat dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kratini dalam darah. Tes darah tidak selalu memastikan penyakit asam urat karena orang diketahui memiliki kadar asam urat tinggi tapi tidak menderita penyakit asam urat. Tes pencitraan juga dapat dilakukan dengan rontgen guna mengetahui penyebab radang pada sendi. Yang terakhir adalah tes cairan sendi yang prosedurnya dengan mengambil cairan sinovial pada sendi yang terasa sakit, kemudian diperiksa dengan mikroskop.

No comments