Breaking News

Mengenal Diet Keto Lebih Dekat


Di jaman modern saat ini, diet tidak hanya sebagai solusi bagi pengidap obesitas pada tubuhnya, namun juga sudah berubah menjadi gaya hidup. Diet sehat selain menjaga agar tubuh tetap indah, juga benat-benar efektif dalam menjaga kesahata tubuh. Sebab, di beberapa program diet biasanya dokter menganjurkan beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi, terutama makanan sampah.

Tak hanya wanita saja, dari kalangan kaum adam pun juga mulai banyak yang tertarik dengan program diet sehat. Terlepas dari tujuan mereka untuk diet yang berbeda-beda. Secara keseluruhan program diet memang bisa dikatakan sangat cocok untuk tubuh dan menyehatkan. Namun, disamping itu ada beberapa program diet yang jika salah dilakukan akan berakibat fatal.

Tak Selamanya Diet itu Aman
Beberapa program diet jika tidak diawasi dengan ketat oleh dokter, yang asalnya aman, justru berubah menjadi membahayakan. Salah satunya adalah diet keto. Program diet ini akhir-akhir ini begitu populer sekaligus kontroversial. Mengapa ? program ini dapat menurunkan berat badan secara cepat, lebih cepat dari program lainnya dan juga jika dilakukan secara tidak tepat justru membayahakan.

Apa itu Diet Keto ?
Diet ini dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat dan meningkatakan konsumsi lemak serta mengonsumsi protein dalam jumlah sedang, atau secara sederhana disebut sebagai diet rendah karbohidrat. 

Konsumsi lemak dalam jumlah tinggi dianggap cara agar tubuh mencapai kondisi ketosis. Pada kondisi tersebut, tubuh akan membakar lemak  menjadi energi. Di tempat lain, yaitu di hati, lemak diubah menjadi keton yang akan menjadi suplai energi untuk otak.

Perlu anda ketahui bahwa ketosis sebenarnya merupakan kondisi ringan dari ketoasidosis, yaitu sebuah kondisi berbahaya yang biasa terdapat pada penyakit diabetes tipe 1. Namun, banyak ahli yang mengatakan bahwa diet ini aman dan sehat bagi tubuh.
Apa Manfaat dari Diet ini ? 

Ada beberapa orang yang benar-benar merasakan manfaat dari diet ini, beberapa diantaranya adalah:

1. Pengidap diabetes tipe 2
Mengurangi konsumsi karbohidrat sangat efektif untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh. Sehingga sangat cocok untuk penderita diabetes tipe 2.

2. Meringankan gejala epilepsi pada anak
Sebuah penelitian dilakukan pada 150 anak penderita epilepsi yang melakukan program diet keto. pasca 1 tahun menjalani, setengah dari anak-anak tersebut mengalami penurunan frekuensi kejang sebesar 50%. 

No comments